Cara Kerja

Cara Trading Menggunakan Crypto Bitcoin dan Ethereum di IQ Option

Cryptocurrency atau Crypto adalah mata uang digital yang diciptakan menggunakan teknologi blockchain. Saat ini investasi crypto sangat populer karena potensi keuntungannya sangat tinggi.

Sebagai contoh, Jika pada tahun 2011 anda membeli Bitcoin dengan menggunakan uang 1 juta rupiah maka saat ini nilainya sudah 18 milyar rupiah, Ya anda untung 18 milyar hanya dengan modal 1 Juta rupiah. Tidak ada di dunia ini yang memberikan keuntungan sebesar itu dalam waktu singkat, anda hanya menemukannya di Crypto.

Bitcoin adalah salah satu jenis crypto, selain itu masih banyak yang lainnya yaitu Ethereum, Ripple, Litecoin, Monero, IOTA, Zcash, Dash dan Lainnya.

Melalui aplikasi IQ Option, anda bisa mulai investasi pada aset crypto tanpa bersusah payah. Yang perlu anda lakukan hanyalah membeli Crypto langsung dari aplikasi lalu menunggu harganya sampai naik, jika sudah naik anda bisa menjualnya dan mendapat keuntungan.

Jika Anda belum membuat akun IQ Option, silahkan mendaftar dulu, klik disini untuk membuka akun

Cara trading Crypto di IQ Option

Masuk ke Aplikasi lalu pilih Crypto

Lihat disana ada beberapa pilihan Crypto yang bisa anda beli, saat ini ada 12 Crypto populer yang tersedia dan akan terus bertambah.

Jika ini adalah pertama kali anda membeli Crypto maka saya sarankan memulai dengan Bitcoin dan Ethereum, alasannya karena kedua crypto ini yang paling populer.

Selain itu Anda juga bisa trading pada crypto yang harganya masih terbilang murah, sehingga potensi keuntungan akan lebih besar.

Simulasi menghitung potensi keuntungan:

Keuntungan yang akan anda dapat dari trading bitcoin dan crypto lainnya adalah selisih antara harga beli dan harga jual.

Katakanlah saat ini harga bitcoin $4000, Jika anda membeli bitcoin sekarang sebesar $100 maka saat nanti harga bitcoin bergerak ke $6000 (naik 50%) maka anda akan mendapatkan untung 50% atau senilai $50 dari $100 modal Anda.

Tips Trading Crypto dan Bitcoin

Di IQ Option ada fitur Jual Otomatis atau Take Profit, artinya anda bisa atur supaya Crypto yang anda beli otomatis dijual setelah mencapai target keuntungan yang Anda pasang.

Sebagai contoh, Anda membeli bitcoin $100 dan ingin menjualnya saat sudah menjadi $200, maka anda bisa pasang Take Profit 100%, jadi ketika harga bitcoin naik 100% maka bitcoin yang anda beli otomatis dijual kembali dan anda untung 100%.

Fitur ini sangat berguna karena pergerakan harga crypto yang sangat cepat, bisa naik turun seketika, jadi anda tidak perlu memantau dan menjualnya secara manual.

Trading menggunakan fitur multi atau margin

Di IQ Option anda juga bisa menggunakan multi saat trading crypto. Multi atau margin (disebut juga leverage) adalah fitur yang memungkinkan kita bisa membeli crypto dengan pinjaman dana dari broker.

Sebagai contoh, kita membeli bitcoin mengunakan modal $100, jika tidak menggunakan multi maka kita hanya mendapat bitcoin senilai $100 saja, sedangkan jika menggunakan multi x5 maka kita akan mendapat bitcoin 5 kali lipat yaitu senilai $500.

Dengan begini maka ketika harga bitcoin naik 10% maka keuntungan kita akan menjadi 10% dari $500 yaitu $50, padahal modal kita hanya $100, itu artinya keuntungan kita adalah 50% dari modal.

Kenapa broker mau meminjamkan dana kepada kita?

Broker seperti IQ Option mendapat keuntungan dari komisi transaksi yang dilakukan oleh trader, jadi semakin besar nilai transaksi trader, semakin besar juga keuntungan mereka.

Apakah broker tidak rugi ketika harga bitcoin yang saya trading turun sehingga dana yang mereka pinjamkan akan hilang?

Tidak, karena broker menggunakan sistem manajemen resiko yang disebut dengan margin call. Jadi ketika anda membeli bitcoin dengan modal $100 menggunakan multi x5 maka modal anda menjadi 5 kali lipat yaitu $500, disini yang $400 adalah dana yang di pinjamkan broker kepada Anda dan $100 sebagai modal Anda.

Jadi jika harga bitcoin ternyata turun dan mendekati kerugian $100 maka otomatis broker akan menjual bitcoin yang anda beli tadi. Jadi broker menjualnya dengan posisi rugi $100, lalu sisanya $400 kembali ke mereka sehingga hanya anda yang rugi $100, mereka tidak akan rugi sepeserpun.

Apakah saya bisa berhutang kepada broker jika menggunakan multi?

Tidak, anda tidak akan berhutang apapun kepada broker, karena mereka sudah menggunakan manajemen resiko dimana trader tidak akan rugi lebih dari dana yang mereka investasikan.

Jika saya menggunakan multi, apakah broker akan mengambil sebagian profit saya?

Tidak, 100% keuntungan yang anda dapatkan adalah milik Anda. Walaupun anda trading menggunakan multi. Broker hanya mendapat keuntungan dari komisi trading saja.

Penutup

Banyak orang yang berkata sudah terlambat investasi di Bitcoin alasannya karena harga sudah terlalu tinggi, dan mereka takut harga tersebut tidak akan naik lagi. Saya tidak setuju dengan hal itu, saya sendiri berpendapat kalau harga bitcoin masih bisa naik lagi. Jadi tidak ada kata terlambat untuk investasi di bitcoin.

Selain investasi, anda bisa juga menggunakannya untuk trading harian, yaitu anda beli bitcoin dan menjual nya hari itu atau keesokan harinya, bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan keuntungan 40-50% perhari memanfaatkan pergerakan harga yang tidak stabil.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Jika saya membeli bitcoin di IQ Option apakah saya perlu dompet bitcoin untuk menyimpannya?

Tidak perlu, karena IQ Option yang akan menyimpan bitcoin tersebut di dompet aman milik mereka, sistem keamanan IQ Option menjamin bitcoin yang Anda beli tidak akan hilang.

Apakah saya bisa menarik saldo bitcoin atau crypto lainnya ke wallet pribadi saya?

Bisa, IQ Option sudah menyiapkan fitur ini dan sekarang anda sudah bisa menarik bitcoin dari IQ Option ke dompet lain yang anda inginkan. Tetapi jika saat membeli crypto anda menggunakan multi maka coin yang anda beli tidak bisa ditarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close